You are here: Home Profil Visi & Misi

Membangun dari Desa dan Kelurahan

BAPPEDA KAB. ENDE

Visi & Misi

E-mail Cetak PDF

Dari aspek stratejik/peran organisasi Bappeda Kabupaten Ende dalam pelaksanaan pembangunan daerah adalah  merupakan serangkaian rencana /tindakan dan kegiatan mendasar yang  dibuat oleh  pimpinan satuan kerja untuk dilaksanakan oleh seluruh pegawai dalam rangka pencapaian visi dan misi organisasi.Perumusan rencana strategi dimaksud merupakan tahapan-tahapan kegiatan mulai dari perencanaan sampai dengan hal yang paling teknis. Tahapan-tahapan tersebut merupakan rangkaian yang saling terkait dalam mencapai tujuan bersama  terhadap visi dan misi yang meliputi kebijaksanaan dan program/kegiatan.

1. VISI

Untuk menentukan arah dan tujuan agar tetap eksis dan menjawab tantangan, persaingan dan perubahan yang  terus menerus maka Bappeda Kabupaten Ende telah menetapkan visi yang merupakan implementasi visi Pemerintah Kabupaten Ende yaitu  

“MENJADIKAN INSTITUSI PERENCANA YANG PROFESIONAL, HANDAL DAN SECARA PROAKTIF  BERPERAN  DALAM  PENENTU  ARAH  PEMBANGUNAN MENUJU TERWUJUDNYA ENDE LIO SARE PAWE”.

2. MISI

Dalam rangka mencapai visi  tersebut maka telah ditetapkan misi Bappeda Kabupaten Ende sebagai berikut :

  • Meningkatkan sumber daya manusia perencana yang profesional dan handal.
  • Meningkatkan kualitas rencana pembangunan jangka panjang, menengah dan tahunan.
  • Mengembangkan kemitraan dalam pembangunan dengan lembaga pemerintah dan non  pemerintah, masyarakat, swasta serta lembaga-lembaga donor.

3. TUJUAN DAN SASARAN

3.1. TUJUAN

Tujuan merupakan penjabaran/implementasi dari pernyataan misi dengan didasarkan pada isu–isu dan analisis strategik serta merupakan sesuatu yang akan dicapai atau dihasilkan dalam jangka waktu lima tahun.

Sementara itu,sasaran merupakan penjabaran dari tujuan secara terukur yaitu sesuatu yang ingin dicapai/dihasilkan secara nyata oleh Bappeda dalam kurun waktu yang lebih pendek.

Untuk mewujudkan visi dan misi Bappeda tahun 2011, ditetapkan tujuan dan sasaran dari setiap misinya yang dapat dijelaskan sebagai berikut :

Misi  1 :
Meningkatkan sumber daya manusia perencana yang professional dan handal.
Tujuan :
Tersedianya aparatur perencana yang memiliki keahlian dan ketrampilan di bidang perencanaan.
Misi  2 :
Meningkatkan kualitas rencana pembangunan daerah jangka panjang,
Menengah dan tahunan
Tujuan :
Terwujudnya birokrasi yang professional dan akuntabel.
Misi  3 :
Mengembangkan koordinasi dan kemitraan dalam Pembangunan dengan lembaga pemerintah dan non pemerintah masyarakat, swasta serta Lembaga-lembaga donor.
Tujuan    :
Meningkatnya koordinasi dan kerjasama pembangunan.

3.2. SASARAN

Misi  1 :
Meningkatkan sumber daya manusia perencana yang professional dan handal
Sasaran :
Meningkatnya aparatur perencana yang memiliki kemampuan teknis sesuai dengan bidang tugas
Misi 2 :
Meningkatnya kualitas rencana pembangunan daerah jangka panjang
Menengah dan tahunan.
Sasaran 1 :
Meningkatnya kualitas perencanaan ,dan pementauan pembangunan
Sasaran  2 :
Meningkatnya kualitas perencana dan pengendalian tata ruang
Misi  3 :
Mengembangkan koordinasi dan kemitraan dalam pembangunan dengan lembaga pemerintah dan non pemerintah, masyarakat, swasta serta lembaga-lembaga donor.

Sasaran  1 :

Meningkatnya koordinasi lintas sektor dan kerjasama yang harmonis dengan masyarakat, orginisasi pemerintah dan non pemerintah, swasta serta lembaga-lembaga donor.
Terakhir Diperbaharui ( Rabu, 20 November 2013 22:52 )